Sunday, April 7, 2013

Pengertian dan Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

Edit Posted by with 4 comments

zwani.com myspace graphic comments
www.TwitterBackgrounds.org

Pengertian dan Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

1.   Pengertian Ilmu Alamiah Dasar :
      Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (natural science) yang mengkaji tentang gejala–gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep–konsep dan prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial, contohnya seperti Biologi, Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat berubah sesuai kemajuan peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi” yang pembahasannya mencakup pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya, serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.

2.      Tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Umum adalah
    Agar dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
   Tujuan dari ilmu alamiah dasar itu sendiri adalah memberikan konsep dan gambaran mengenai ilmu pengetahuan alam kepada manusia supaya mereka mengenal dan lebih mengetahui tentang alam semesta ini.

3.      Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain, yaitu :
1.   Memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep alam agar dapat peka
2. Tanggap terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya serta  dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat sebagai the agen of change (Agen Perubahan).
     3.  Dapat mengembangkan apresiasi IPA dan Teknologi kepada mahasiswa serta dapat mendorong.
   4. Mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu, dan profesi pada mahasiswa.

         

4 comments:

  1. makasih atas infonya ya..
    Bagus postingannya..
    Semoga blognya makin hebat ya dan punya segudang informasi

    ReplyDelete
  2. Ntap dah. Sebelumbikut kelas di kampus, prepare dulu baca referensi biar siap.
    Makasih mimin, artikel penuh akan faedah wkwkwk

    ReplyDelete
  3. izin share ya min by http://www.materipendidikan.info/

    ReplyDelete
  4. Terimakasi banyak sebelum ke kampus contek dulu

    ReplyDelete